Jl. Ade Irma Nasution, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121 Telp. 354221 Fax. 350977
Pencarian
Pengumuman
Polling
Bagaimana menurut anda pelayanan di Inspektorat Provinsi ?
Sangat Bagus (83%)
Bagus (7%)
Cukup Bagus (2.5%)
Kurang Bagus (7.5%)

RAPAT KOORDINASI PENGAWASAN INTERN KEUANGAN DAN PEMBANGUNAN (RAKORWASINKEUBANG) PROVINSI SUMATERA SELATAN TAHUN 2021

Jumat, 30 April 2021 (15:18)

Dalam masa Pandemi covid-19, sektor Pertanian di Provinsi Sumatera Selatan masih memberikan konstribusi yang besar dalam pembentukan PDRB (Produk Domestik Regional Bruto). Provinsi Sumatera Selatan sesuai dengan kondisi geografis, memiliki potensi sumber daya pertanian yang sangat besar, hal ini dapat dilihat dari luas lahan pertanian, jumlah produksi padi termasuk 5 besar nasional, dan salah satu kabupaten yaitu Kabupaten Banyuasin termasuk dalam 10 kabupaten dengan produksi padi tertinggi sepanjang tahun 2018-2020. Capaian kinerja bidang Pertanian secara berurutan dari Tahun 2019 sampai Tahun 2020 yaitu 2.603.396 ton (50,30%), dan 2.696.877 ton (50,64%).

Dengan melihat kondisi tersebut, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan telah mencanangkan Provinsi Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan, menargetkan menjadi provinsi dengan produksi padi nomor tiga secara nasional, dan dalam tahun 2021 ini Provinsi Sumatera Selatan ditetapkan sebagai salah satu daerah Food Estate.

Sesuai dengan RPJMD Provinsi Sumatera Selatan periode 2019-2023, dengan Visi “Sumsel Maju Untuk Semua” telah dijabarkan dengan misi, tujuan, sasaran, kebijakan strategi dan arah kebijakan. Pembangunan bidang pertanian termasuk dalam misi pertama dan sasaran ketiga yaitu Membangun Sumsel berbasis ekonomi kerakyatan, yang didukung sektor pertanian, industri, & UMKM yang tangguh untuk mengatasi pengangguran & kemiskinan baik di perkotaan maupun di perdesaan dengan Sasaran Meningkatnya Kesejahteraan Petani dan Kedaulatan Pangan (Maju Pertanian Rakyat dan Kedaulatan Pangan).

Untuk mewujudkan tujuan bersama tersebut, salah satu yang terpenting adalah upaya penguatan bersama dari sisi pengawasan internal. Oleh karena itu diadakan Rapat Koordinasi Pengawasan Intern Keuangan dan Pembangunan (RAKORWASINKEUBANG) yang diinisiasi oleh BPKP.

RAKORWASINKEUBANG ini merupakan Langkah awal dalam menyatukan derap langkah Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) di Sumatera Selatan untuk mengawal tata kelola keuangan dan program pembangunan, dan pada tahun ini dimulai dengan mengawal program bidang pertanian khususnya produksi beras untuk tercapainya peningkatan produksi pertanian Provinsi Sumatera Selatan menuju lumbung pangan nasional.

Selain itu, dukungan, kolaborasi, dan sinergitas antar lembaga pengawasan juga menjadi kunci dalam terwujudnya sistem pengawasan internal yang efektif. Untuk itu dikesempatan yang berbahagia ini juga kami mohon dukungan dan pembinaan dari Komisi Pemberantasan Korupsi RI, Kementerian Dalam Negeri dan Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan untuk terus memberikan pembinaan kepada APIP se Sumatera Selatan.

Kegiatan RAKORWASINKEUBANG ini akan menjadi langkah awal untuk menyamakan persepsi untuk menentukan langkah-langkah apa yang harus kita ambil agar bisa mengawal prestasi dan meningkatkannya sektor pertanian melalui kolaborasi, sinergisitas, kerjasama dalam pengawasan. RAKORWASINKEUBANG ini menyamakan Langkah APIP se Sumsel, untuk mengawal dan mensukseskan target menjadikan Provinsi Sumatera Selatan sebagai Lumbung Pangan Nasional.

 

By : Tim Admin.

 
Copyright Inspektorat Sumatera Selatan 2015