Jl. Ade Irma Nasution, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121 Telp. 354221 Fax. 350977
Pencarian
Pengumuman
Polling
Bagaimana menurut anda pelayanan di Inspektorat Provinsi ?
Sangat Bagus (83%)
Bagus (6.7%)
Cukup Bagus (2.6%)
Kurang Bagus (7.7%)

Tugas dan Fungsi

Inspektur Provinsi Sumatera Selatan mempunyai tugas membantu Gubernur membina dan mengawasi pelaksanaan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan daerah dan tugas pembantuan perangkat daerah. Untuk Melaksanakan tugas tersebut, Inspektur Provinsi Sumatera Selatan mempunyai Fungsi :

  1. Perumusan kebijakan teknis di bidang pengawasan dan fasilitasi pengawasan;
  2. Pelaksanaan pengawasan internal terhadap kinerja dan keuangan melalui audit, reviu, evaluasi, pemantauan dan kegiatan pengawasan lainnya;
  3. Pelaksanaan pengawasan untuk tujuan tertentu sesuai tugas dan fungsi yang diberikan oleh menteri;
  4. Penyusunan laporan hasil pengawasan;
  5. Pelaksanaan koordinasi pencegahan tindak pidana korupsi;
  6. Pengawasan pelaksanaan program reformasi birokrasi;
  7. Pelaksanaan administrasi inspektorat daerah provinsi;
  8. Pelaksanaan fungsi lain yang diberikan oleh Gubernur terkait tugas dan fungsinya.

Dalam pelaksanaan tugas, Inspektur Provinsi Sumatera Selatan dibantu Pejabat Administrator, Pejabat Pengawas, Pejabat Fungsional (Tertentu dan Umum). Pejabat Administrator diantaranya adalah Sekretaris, Inspektur Pembantu I, Inspektur Pembantu II, Inspektur Pembantu III, Inspektur Pembantu IV dan Inspektur Pembantu Investigasi. Pejabat Pengawas diantaranya adalah Kepala Sub Bagian Umum dan Kepegawaian, Kepala Sub Bagian Keuangan dan Kepala Sub Bagian Perencanaan, Evaluasi dan Perencanaan. Pejabat Fungsional Tertentu diantaranya Auditor (Madya, Muda, Pertama dan Penyelia), Pengawas Penyelenggaraan Urusan Pemerintahan di Daerah (Madya, Muda dan Pertama) dan Auditor Manajemen (Madya, Muda dan Pertama) serta Pejabat Fungsional Umum di masing-masing Sub Bagian di bawah Sekretariat. Hal tersebut diatur dalam Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 2 Tahun 2020 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Dalam melaksanakan tugas dan fungsi pembinaan dan pengawasan, Inspektorat Daerah Provinsi berpedoman pada : Standar audit dan ketentuan yang berlaku, Wilayah kerja koordinasi pembinaan dan pengawasan pada inspektorat pembantu yang ditetapkan dengan Keputusan Inspektur, Pedoman teknis pembinaan dan pengawasan yang ditetapkan dengan Keputusan Inspektur, Program Kerja Pengawasan Tahunan (PKPT) yang berbasis risiko, prioritas sasaran strategis daerah, arah kebijakan pengawasan, faktor risiko, isu-isu strategis, masukan/saran pimpinan, yang ditetapkan dengan Keputusan Inspektur, Kendali mutu audit yang disusun dengan Keputusan Inspektur, Kode etik yang berlaku dan kode etik yang ditetapkan oleh Inspektur.

 
Copyright Inspektorat Sumatera Selatan 2015