Jl. Ade Irma Nasution, Ilir Timur I, Kota Palembang, Sumatera Selatan 30121 Telp. 354221 Fax. 350977
Pencarian
Pengumuman
Polling
Bagaimana menurut anda pelayanan di Inspektorat Provinsi ?
Sangat Bagus (83%)
Bagus (6.7%)
Cukup Bagus (2.6%)
Kurang Bagus (7.7%)

Sejarah Inspektorat

Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan dibentuk berdasarkan Peraturan Daerah Provinsi Sumatera Selatan Nomor 11 Tahun 2012 Tanggal 6 Agutus 2012 Tentang Perubahan keempat atas Peraturan Daerah Nomor 9 Tahun 2008 Tentang Organisasi Tata Kerja Inspektorat, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah dan Lembaga Teknis Daerah Provinsi Sumatera Selatan dan Peraturan Gubernur Sumatera Selatan Nomor 2 Tahun 2020 tentang Susunan Organisasi, Uraian Tugas dan Fungsi Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan.

Inspektorat Daerah Provinsi Sumatera Selatan merupakan unsur pengawas penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota yang berkedudukan dan bertanggung jawab kepada Gubernur melalui Sekretaris Daerah.

Inspektorat Daerah Provinsi melaksanakan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah provinsi dan kabupaten/kota, pengawasan dimaksud sebagai pelaksanaan tugas dan wewenang Gubernur sebagai Wakil Pemerintah Pusat dalam rangka pembinaan dan pengawasan penyelenggaraan pemerintahan daerah. Inspektorat Daerah Provinsi dalam melaksanakan tugas bertujuan untuk dapat memberikan keyakinan memadai atas ketaatan, kehematan, efisiensi dan efektivitas serta memberikan peringatan dini dan meningkatan efektivitas manajemen risiko dalam mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih dan baik. Dalam hal terdapat potensi penyalahgunaan wewenang dan/atau kerugian keuangan Negara/daerah, Inspektorat Daerah Provinsi melaksanakan fungsi tanpa menunggu penugasan dari Gubernur dan/atau menteri.

 
Copyright Inspektorat Sumatera Selatan 2015